Pada awalnya, bentuk komputer memang tidak seperti yang kita kenal sekarang. Dulu komputer berasal dari mesin hitung. Mesin hitung atau kalkulator mekanis ditemukan pada 1642 oleh seorang filsuf dan matematikawan Prancis bernama BLAISE PASCAL. Mesin ini bekerja dengan menggunakan sepuluh roda gigi dan hanya bisa menggunakan operasi penambahan. Awalnya pascal menciptakan mesin ini hanya untuk membantu ayahnya yang seorang kolektor pajak. Meskipun dibuat dengan indah, yang terjual hanya 15 buah.

Selanjutnya, pada tahun 1670,seorang filsuf dan matematikawan Jerman bernama GOTTFRIED WILHELM LEIBNIZ menyempurnakan mesin dengan kemampuan melakukan operasi pembagian. Tahun 1804,JOSEPH MARI JACQUARD menemukan metode unuk mengendalikan benang yang menggulung pada mesin rajut karpet. Mesin ini menggunakan roda gigi untuk mengerjakan hitungan. CHARLES BABBAGE di sebut-sebut oleh banyak ahli sejarah sebagai bapak komputer.

Lahirnya mesin hitung electronic pada masa perang dunia II. Mesin buatan Inggris yang sangat besar ini bernama COLASSUS dan di gunakan untuk memecahkan kode rahasia musuh. Selain itu,mesin buatan Amerika yang beratnya sampai 30 ton. Akan tetapi mesin ini sebenarnya bukan komputer karena tidak memiliki memory. Mesin ini hanya merupakan cikal bakal lahirnya alat komputer digital modern.

(sumber:komputer pertamaku,globalindo Universal,Bandung,1998)

Pada abad ke-19, seorang matemetikawan berkebangsaan Inggris, CHARLES BABBAGE memperkenalkan prinsip awal komputer digital modern. Pada tahun 1823, BABBAGE merancang mesin penghitung yang dapat mengerjakan hitungan rumit dan mencetak hasilnya.